Selasa, 19 November 2013

Teknologi New Media

Teknologi New Media


Hallo guys, kita ketemu lagi hehe setelah beberapa waktu lalu gw posting tentang fakta" menarik, sekarang gw mau share tugas kuliah gw nih tentang Teknologi New Media. Langsung aja yah, "Cekidot" lah yg biasa orang" bilang hehe...



            PEMANFAATAN TEKNOLOGI NEW MEDIA


           I. Pengertian New Media 

                      Media baru (New Media) adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, interaktif, dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
                         Menurut Everett M.Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi kedalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan. Kedua, era komunikasi cetak. Ketiga, era telekomunikasi. Dan keempat, era komunikasi interaktif. New Media adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan New Media adalah media teknologi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, new media adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi, distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.


        II. Manfaat New Media

                         Pemanfaatan new media dalam kehidupan sehari-hari sudah sangat banyak kita rasakan. Berikut adalah beberapa manfaat New Media dalam kehidupan sehari-hari:
1.       Dapat dijadikan sebagai sarana untuk jual beli, seperti online shop
2.  2.  Pada jejaring sosial seperti facebook, memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar anda.
3.      3.   Penggunaan ebook pada modul mahasiswa
4.      4.  Video game sebagai sarana untuk hiburan
5.      5.  Dengan menggunakan smartphone kita akan lebih mudah dan praktis dalam berkomunikasi
6.       Dapat dijadikan sarana untuk pencarian lokasi, alamat, informasi dll seperti yang disuguhkan oleh situs pencarian google.com



             III Komponen New Media

Internet & Web
Personal Komputer (PC) / Notebook
DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
VCDs (Compact Discs)
Portable Media Player.
Mobile Phone.
Video Game/ Game Computer.
Virtual Reality.
Dan sebagainya.

           

           IV Aplikasi New Media  

 Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
 CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
 Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
 Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik.
BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).

            V. Fase Pengembangan Aplikasi New Media

Fase requirement atau penelusuran kebutuhan, pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
Fase analisa, pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses pengembangan,dsb.
Fase perancangan, pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
Fase pengembangan , tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita akan menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
Fase installasi, setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.

       

         VI Tahap Pengembangan Aplikasi New Media

Konsepsi :  Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan dibuat secara umum.
Analisa : Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
Simulasi : Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
  Alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi.
  Keluaran yang diharapkan dari setiap proses.
  Error-error yang mungkin terjadi.
  Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif.      
     
       4. Algoritma : Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat menerangkan proses-    proses secara programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan
       5. Konstruksi : Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan pada level pemrograman. Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.

       6. Evaluasi : Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang  telah dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari tahu di bagian mana kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali.

Nah itu dia tentang Teknologi New Media, semoga bisa menambah ilmu kita semua yah... See u next time guys



SELESAI
Sumber :
http://zmulyakusuma.blogspot.com/2013/11/teknologi-new-media.html
http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/17-tmb-umb/2078-lalongkoe-ramses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar