Selasa, 14 April 2015

KEAMANAN KOMPUTER PADA JARINGAN LANJUT



Melindungi Aset Organisasi






 A.Secara Adminsistratif / fisik
       Rencana kemungkinan terhadap bencana
       Program penyaringan calon pegawai system informasi
       Program pelatihan user
       Kebijakan akses network
B. Secara Teknis
       Penerapan Firewall
       Penerapan Virtual Priva Network (VPN)

Pengertian Firewall
Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (GATEWAY) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.

Keuntungan Firewall
       Firewall merupakan fokus dari segala keputusan sekuritas. Hal ini disebabkan karena Firewall merupakan satu titik tempat keluar masuknya trafik internet pada suatu jaringan.
       Firewall dapat menerapkan suatu kebijaksanaan sekuritas. Firewall dapat berfungsi sebagai penjaga untuk mengawasi service-service mana yang dapat digunakan untuk menuju dan meninggalkan suatu network.
       Firewall dapat mencatat segala aktivitas yang berkaitan dengan alur data secara efisien. Semua trafik yang melalui Firewall dapat diamati dan dicatat segala aktivitas yang berkenaan dengan alur data tersebut. Dengan demikian Network Administrator dapat segera mengetahui jika terdapat aktivitas-aktivitas yang berusaha untuk menyerang internal network mereka

Kelemahan Firewall
       Firewall tidak dapat melindungi network dari serangan koneksi yang tidak melewatinya(terdapat pintu lain menuju network tersebut).
       Firewall tidak dapat melindungi dari serangan dengan metoda baru yang belum dikenal oleh Firewall.
       Firewall tidak dapat melindungi dari serangan virus.

Arsitekktur dasar firewall
Arsiitektur denggan dual-hoomed host (kadang kadang dikenal juga seebagai dual homed gateway/ DHG)
Sisttem DHG menggunakkan sebuah komputer dengan (paling seddikit) dua network-interface. Interrface pertama dihubungkan denngan jaringaan internal dan yang lainnya dengan Internet. Dual-hoomed host nya sendirri berfungsi sebagai bbastion hosst (front terdepan, bagian terpenting dalam firewall).

Arsitektur dengan dual-homed host





screened host gateway (shg)
Pada topologi SHG, fungsi firewall dilakukan oleh sebuah screening--router dan bastion host. Router in dikonfigurasi sedemikian sehingga akan menolak semua trafik kecuali yang ditujukan ke basttion host, sedangkan pada trafik internal tidak dilakukan pembatasan. Dengan cara ini setiap client servis pada jaringaan internet dapat menggunakan fasilitas komunikasi standard denngan Internet tanpa harrus melalui proxy.

Arsitektur dengan screened host





Defenissi VPN
Virtual Private Network atau Jaringan Pribadi Maya sesungguhnya sama dengan Jaringan Pribadi Private Network/PN pada umumnya, di mana atu jaringan komputer suatu lembaga atau perusahaan di suatu daerah atau negara terhubung dengan jaringan komputer dari satuu grup perusahaan yang sama di daerah atau negara lain.

Cara membentuk VPN
1.       Tunnelling
Sesuai dengan arti tunnel atau lorong, dalam membentuk suatu VPN ini dibuat suatu tunnel di dalam jaringan publik untuk menghubungkan antara jaringan yang satu dan jaringan lain dari suatu grup atau perusahaaan.yang ingin membangun VPN tersebut. Seluruh komunikasi data antar  jaringann pribadi akan melalui tunnel ini, sehingga orang atau user dari jaringan publik yang tidak memiliki izin untuk masuk tidak akan mampu untuk menyadap, mengacak atau mencuri data yang melintasi tunneel ini.
2.       Firewall
Sebagaimana layaknya suatu dinding, Firewall akan bertindak sebagai pelindung atau pembatas terhadap orang-orang yang tidak berhak untuk mengakses jaringan kita.Umumnya dua jaringan yang terpisah yang menggunakan Firewall yang sejenis, atau seorang remote user yang terhubung ke jaringan dengan menggunakan software client yang terenkripsi akan membentuk suatu VPN, meskipun media penghubung dari kedua jaringan tersebut atau penghubung antara remote user dengan jaringan tersebut adalah jaringan publik seperti Internet.

Kemampuan firewall dalam penerapannya pada VPN
       IP Hiding/Mapping
       Privilege Limitation.
       Outside Limitation.
       Inside Limitation.
       Password and Encrypted Authentication

3.       Mengamankan saluran terbuka
Protokol TCP/IP merupakan protocol dalam set standar yang terbuka dalam pengiriman data, untuk itulah perlu dilakukan enkripsi dalam rangka penanganan keamanan data yang diterapkan pada protocol tersebut, yang meliputi :
 A. Keamanan Panda lapisan Aplikasi :
       SET (Secure Electronics Transaction)
       Secure HTTP 
       Pretty Good Privacy (PGP)
       Secure MIME (S/MIME)  
       Cybercash
B. Keamanan dalam Lapisan Transport
       SSL (Secure Socket Layer)

 Keamanan dalam Lapisan Network
       IP security Protocol : melindungi protocol client IP pada network layer.
       IP Authentication header
       IP Encapsulating Security protocol
       Simple-key management for Internet protocol (SKIP)
       Internet security Association and key management protocol (ISAKMP)
       Internet key management protocol (IKMP)

Pertanyaan Seputar Materi :

1. Ada dua jenis firewall yang tersedia di pasar saat ini. Mereka adalah Firewall Hardware dan  Firewall Software. Manakah yang lebih baik diantara keduanya, dan beri contohnya ?
Jawaban :

--FIREWALL--
Hardware : ini adalah jenis  firewall berupa perangkat hardware yang dibuat khusus untuk memberikan keamanan. Karena hardware firewall adalah perangkat khusus yang dirancang dan dikembangkan untuk tujuan tersebut, mereka dianggap solusi terbaik untuk keamanan organisasi dan perlindungan informasi sensitif. Hardware firewall sebagian besar digunakan dalam lingkungan produksi dan tidak mungkin bahwa mereka dibeli untuk rumah. Alasan di balik ini adalah bahwa firewall hardware sulit untuk mengkonfigurasi dan membutuhkan profesional yang terampil dan berkualitas untuk melaksanakan keamanan di dalamnya efisien. Penggunaan firewall ini hanya terbatas pada media keamanan berorientasi atau organisasi berskala besar.

Software : Ini adalah aplikasi firewall perangkat lunak yang dapat diinstal pada sistem komputer seperti aplikasi lainnya. Setelah instalasi, perangkat lunak firewall harus dikonfigurasi tepat untuk mengizinkan atau menolak komunikasi antara komputer dan jaringan / internet tergantung pada sifat dari paket. Meskipun ada firewall beberapa perangkat lunak yang tersedia di pasar yang tepat dikembangkan untuk tujuan keamanan, firewall ini tidak seefisien firewall hardware.
Ketersediaan Firewall Software dan Hardware

Alasan mengapa hardware firewall lebih bagus?
Karena hardware firewall  adalah entitas yang nyata, mereka tidak bisa di-download dari Internet dan karena itu mereka harus dibeli dari pasar. Di firewall perangkat lunak sisi lain adalah aplikasi dan dapat dengan mudah download dari internet dan juga dapat dibeli dari pasar lokal. Ketika software  firewall  di-download, pengguna dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau metode lainnya.
Contoh : hardware firewall
·        Cisco PIX(buatan cisco)
·        Checkpint
·        Sonic Wall
·        Contivity dari Nortel dan Cisco



2. Bagaimanakah Cara kerja VPN itu ?

VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC,Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.

Komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk. 

Untuk selanjutnya komputer cliet digunakan untukmengakses berbagai resource


Tidak ada komentar:

Posting Komentar