Jumat, 18 Maret 2016

Komputasi Modern

Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.


Cloud Computing


Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.


Contoh Aplikasi Cloud Computing

ADrive


Kapasitas gratis: 50GB
ADrive mungkin merupakan layanan cloud storage yang tidak terlalu dikenal, akan tetapi mereka menawarkan kesepakatan yang menarik. Cloud storage ini di support oleh pengiklan, sehingga Anda akan mendapatkan banyak ruang penyimpanan, namun banyak iklan juga. Untuk kapasitas penyimpanan 100GB mulai dari $ 2,50 per bulan atau $ 25 per tahun. ADrive memiliki beberapa fitur dasar, seperti berbagi file dan backup, tetapi untuk akun business dan enterprise mereka memberikan keamanan enkripsi dan akses multi-user.


Amazon Cloud Drive


Kapasitas gratis: 5GB trial 3 bulan
Amazon Cloud Drive tidak lagi menawarkan layanan penyimpanan yang benar-benar gratis, akan tetapi untuk anggota Amazon Prime akan mendapatkan penyimpanan gratis unlimited untuk foto dengan langganan mereka. Biaya $ 99 per tahun dan termasuk bebas pengiriman pada produk Amazon.com. Untuk anggota non Amazon-prime, foto terbatas dapat disimpan sebesar $ 12 per tahun setelah percobaan tiga bulan gratis. Untuk $ 60 per tahun, Amazon menawarkan semuanya unlimited.


Apple iCloud Drive


Kapasitas gratis: 5GB
Apel iCloud Drive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis 5GB. Pengguna yang ingin menambahkan kapasitas volume penyimpanan dapat melakukannya dengan $0.99 per bulan untuk 20GB, $ 4 per bulan untuk 200GB dan $ 20 per bulan untuk 1TB. ICloud dimaksudkan untuk pengguna Apple, tapi ada sebuah aplikasi iCloud untuk pengguna Windows. Sedangkan untuk pengguna Android anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses layanan penyimpanan iCloud.


Bitcasa


Kapasitas gratis: 5GB
Di luar kapasitas penyimpanan gratis 5GB, Bitcasa menawarkan penyimpanan sebesar 1TB dengan $ 10 per bulan atau $ 99 pertahun dan 10TB sebesar $ 99 per bulan atau $ 999 per tahun.






Perusahaan yang sudah menerapkan Cloud

IBM
SoftLayer merupakan perusahaan milik IBM, karena memiliki inkubator start-up sendiri yang disebut Catalyst, ada 13 pusat data di AS, Eropa, dan Asia menjadi salah satu pilihan yang layak untuk start-up. Sama dengan rivalnya, SoftLayer juga telah bermitra dengan akselestrator dan inkubator di seluruh dunia untuk mendukung ekosistem start-up. Semua perusahaan start-up berhak mendapatkan $1.000/ bulan untuk aplikasi hosting mereka di infrastruktur perusahannya.

Sebetulnya ada ton penyedia Cloud di market yang berusaha keras menyediakan layanan hemat untuk klien. Mengidentifikasi operator menjadi tugas yang sulit, ide bijaksananya yaitu dengan menganalisis kebutuhan secara spesifik dan kemudian pilih vedor Cloud yang sesuai dengan kebutuhanmu. Penting bagi kamu mencoba untuk menawarkan solusi Cloud yang disesuaikan dengan masing-masing pelangganmu.

Sebagai penyedia Cloud, perlu ada ide cerdas untuk bersaing dengan senjata besar seperti yang tercantum di atas. Kamu harus nerusaha untuk fokus pada pembangun USPmu sendiri, kemudian menciptakan Niche mu sendiri, untuk mencetak gol drai pesaingmu. Harga masih menjadi penting untuk menjaga penawaran, untuk bersaing di market, sehingga dapat mengumpulkan perhatian pelanggan yang potensial.






1 komentar: