Kamis, 14 April 2016

MOBILE COMPUTING

Jika kita bicara tentang teknologi mobile, rasanya di zaman sekarang ini bukan istlah baru. Teknologi sudah berkembang sangat pesat. Jauh dari yang dibayangkan dimasa lalu. Hampir setiap orang saat ini menggunakan dengan apa yang disebut teknologi mobile. Dari masyarakat lapisan atas hingga lapis bawah. Contoh yang paling sederhana salah satunya adalah handphone.  Teknologi sekarang ini sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan bahkan saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan setiap orang. Dibalik itu semua, teknologi ini erat kaitannya dengan proses komputasi yang menjadikannya bermanfaat dalam menyelesaikan masalah maupun pekerjaan. Komputasi pada teknologi ini dapat disebut Mobile computing.

Dari beberapa sumber didapat bahwa definisi mobile komputer atau mobile computing, yaitu :

  • Mobile Computing merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).

  • Mobile Computing adalah sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh atau lingkungan mobile (non statik).

  •  Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi. dari pengertian diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mobile computing itu adalah teknologi tanpa kabel, biasanya berkuran kecil, portable / dapat dibawa kemana mana dan dapat mendukung komunikasi.


Device yang tergolong sebagai mobile computing cenderung portable dan mudah untuk dibawa kemana saja, contohnya adalah Laptop, Tablet, PDA dan SmartPhone. Dari pengertian diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mobile computing itu adalah teknologi tanpa kabel, biasanya berkuran kecil, portable / dapat dibawa kemana-mana dan dapat mendukung komunikasi.


Aplikasi Mobile Computing

Aplikasi mobile computing sangatlah banyak, dan telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan, baik berskala kecil maupun besar. Dan akan terus berkembang sesuai perkembangan zaman. Berikut contoh aplikasi Mobile Computing :



BNI Mobile Banking merupakan salah satu layanan BNI e-Banking berbasis aplikasi yang membantu Anda melakukan transaksi perbankan melalui smartphone Anda.
BNI Mobile Banking memliki fitur-fitur lengkap antara lain:
transfer antar rekening BNI maupun antar bank
·         transfer sekarang atau terjadwal
·         pembelian
·         pembayaran
·         tagihan
·         cek saldo & mutasi rekening
·         lihat bukti transaksi
·         dll.





Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce, 

Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara. Dengan ratusan ribu pilihan produk tersedia dari berbagai kategori, kesehatan dan kecantikan, peralatan rumah tangga, handphone dan tablet, elektronik, peralatan rumah tangga, Lazada menjadi tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan berbelanja konsumen.




Traveloka adalah salah satu situs pencarian tiket pesawat dan hotel terkemuka di Asia Tenggara, melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik. dengan menggunakan aplikasi ini pengguna tidak perlu repot untuk mencari travel karena dengan aplikasi sangat memudahkan pengguna untuk bisa mendapatkan tiket pesawat terbang maupun hotel.


Salah satu perusahaan yang menerapkan mobile computing adalah BNI.



Banyak produk produk yang dikeluarkan BNI salah satunya terdapat BNI Mobile Banking dimana aplikasi tersebut kita dapat mengurus perbankan anda hanya dengan menggunakan smartphone, dan juga terdapat  BNI SMS Banking, BNI Internet Banking, BNI Phone Banking yang dapat diakses melalui Smartphone guna memudahkan transaksi nasabah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar