Sabtu, 07 Juni 2014

Web dan Perilaku pengguna / Interaksi Manusia dan Komputer

SoftSkill


Assalamu’alaikum..


Halloo.. Sobat Blogger semua,kita berjumpa lagi deh hehe....
Pada postingan blog kali ini saya akan membahas tugas kuliah saya lagi hehe...
Tugas kali ini adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya, yah tentang WEB SCIENCE.
Dan pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Web dan Perilaku pengguna / Interaksi Manusia dan Komputer.


Lagi-lagi sebelum mulai pembahasan, saya ingin perkenalan dulu nih...
Yang pertama adalah saya(lagi), hehe bukan bermaksud mendahului(lagi), tapi karena ini blog saya, jadi saya yang di perioritaskan dong hehe... (dan lagi-lagi)


Nama : Ryan Novari D.A
Kelas : 2IA02
NPM : 56412752


Nah, selanjutnya saya perkenalkan nama anggota kelompok saya, diantaranya :


Belacio Maekaratri Syam ( 514-124-07 )


Dheyan Yusuf ( 514-129-89 )


Muchammad Afrizi ( 544-127-43 )



Setelah puas berkenalan, mari kita kembali pada topik pembicaraan.


Sesuai janji saya, bahwa setelah sebelumnya saya mem-posting Web Science, Sejarah Web, Arsitektur Web dan Applikasi Utama-nya, Web Management, Web Content. Nah kali ini saya menulis Artikel tentang Web dan Perilaku pengguna / Interaksi Manusia dan Komputer. Ini memang ada kaitannya dengan Artikel yang sebelumnya..


Oke deh langsung saja yah Check it out...


APA itu IMK?


IMK atau Interaksi Manusia Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu. IMK juga ialah interaksi, khususnya interaksi antara satu atau lebih manusia (sebagai pengguna komputer) dengan satu atau lebih mesin komputasi (komputer).


Tujuan utama dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka, karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.

Ada 2 perilaku, kita sebagai User yang ingin membuat suatu web atau situs jual beli barang. Kita harus dapat memberikan kemudahan bagi para User lain saat bertatap muka langsung dengan komputer, yang bertujuan untuk mencari Informasi meliputi barang maupun jasa yang ingin kita tawarkan menggunakan via Web Online. Yaitu Perilaku Navigasi dan Perilaku Pencarian. 



A. Perilaku Navigasi

Pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat situs website online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah Navigasi Standar, yang memberikan overview sederhana dan peta penjelajahan situs yang tidak terlalu detail. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. 

Yang kedua adalah Navigasi versi Advance. Jenis ini sama dengan versi sebelumnya , yaitu memberikan informasi menggunakan tools untuk menelusuri situs. Namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih spesifik. Calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.

  
Gambar 1 (Versi Standard):


Gambar 2 (Versi Advance):




B. Perilaku Pencarian

Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs. Semakin mudah pengunjung dalam mencari suatu barang yang di inginkan dalam sebuah website, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang akan datang.

Saya akan mengambil sample website terkenal, website ini berfokus pada jasa jual beli barang. Yaitu Tokobagus.com yang sekarang berganti nama menjadi Olx.co.id.

Gambar 1:



 Gambar diatas adalah situs jual beli online yang sangat digandrungi bagi konsumen online. pada gambar 1. Dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata pencarian (disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu ada semua provinsi (pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu produk yang diposting oleh penjual diberbagai daerah di indonesia), semua categori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh pengunjung), dibagian paling atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan (untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin memasangkan suatu iklannya). 

Dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri.



Web dan Perilaku sosial 



A. Web merefleksikan perilaku sosial 

Merefleksikan itu cerminan/gambaran kata/ucapan seseorang yang biasanya langsung dari hati. Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang, contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada counter ataupun discount - discount yang ada. 



B. Web mempengaruhi perilaku sosial 

Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif. 

Dampak positifnya adalah : 

1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia 

2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah 

3. Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan 



Dampak negatif : 

1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet 

2. Adanya plagiatisme 

3. Munculnya pencurian/hack 

4. Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental 

5. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri 




Sumber : 

http://tukang-buat-blog.blogspot.com/2013/03/kebijakan-konten-dan-perilaku-pengguna.html 

http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html 

http://wahyudittia.wordpress.com/2013/01/19/tulisan-3-dampak-teknologi-informasi-dan-komunikasi-terhadap-perilaku-sosial-masyarakat/ 

http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-iklan-definisi-adalah.html 

http://www.webstoreid.com/blog/details/tips-meningkatkan-penjualan-Toko-Online/ 


http://kennediemersonsimbolon.wordpress.com/2012/04/01/interaksi-manusia-dan-komputer/ 

http://nurulstmikpringsewu.wordpress.com/2013/07/23/materi-interaksi-manusia-dan-komputer/ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar