Minggu, 08 Juni 2014

Web Ekonomi

SoftSkill




Assalamu’alaikum..

Halloo.. Sobat Blogger semua,kita berjumpa lagi deh hehe....
Dan pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Web Ekonomi.


Lagi-lagi sebelum mulai pembahasan, saya ingin perkenalan dulu nih...
Yang pertama adalah saya(lagi), hehe bukan bermaksud mendahului(lagi), tapi karena ini blog saya, jadi saya yang di perioritaskan dong hehe... (dan lagi-lagi)



Nama : Ryan Novari D.A
Kelas : 2IA02
NPM : 56412752

Nah, selanjutnya saya perkenalkan nama anggota kelompok saya, diantaranya :


Belacio Maekaratri Syam ( 514-124-07 )


Dheyan Yusuf ( 514-129-89 )


Muchammad Afrizi ( 544-127-43 )

Setelah puas berkenalan, mari kita kembali pada topik pembicaraan.

Sesuai janji saya, bahwa setelah sebelumnya saya mem-posting Web Science, Sejarah Web, Arsitektur Web dan Applikasi Utama-nya, Web Management, Web Content. Nah kali ini saya menulis Artikel tentang Web Ekonomi. Ini memang ada kaitannya dengan Artikel yang sebelumnya...


Oke deh langsung saja yah Check it out...

Ekonomi Web


  • Iklan

Iklan didefinisikan sebagai ”Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media”. Pada dasarnya, satu-satunya tujuan periklanan adalah menjual suatu produk, jasa atau ide atau tujuan sebenarnya adalah komunikasi yang efektif, yakni dimana efek akhir periklanan adalah mengubah sikap atau perilaku penerima pesan.

            Walaupun periklanan bukan saluran media massa tetapi sejarah dan perkembanganya berkait rapat dengan sejarah dan perkembangan media massa. Revolusi percetakan dan penciptaan alat cetak oleh Johannes Gutenberg pada 1440 merupakan peristiwa paling penting dalam permulaan kegiatan periklanan di dunia.

Dalam periklanan, pesan yang disampaikan secara cepat kepada konsumen atau khalayak yang luas dan tersebar, dimana pesan yang disampaikan melalui media elektronik (radio, TV) dan media cetak (surat kabar, majalah), karena media faktanya muncul untuk meyakinkan tingkah laku, nilai dan maksud pengirim adalah kepentingan lebih besar dari pada penerima. Dalam komunikasi massa, komunikasi yang terjadi adalah satu arah, dalam hal ini dari produsen ke konsumen. Produsen atau pengiklan seringkali merubah paradigma lama dan menepatkan calon konsumen kedalam subjek, bukan objek, padahal sebenarnya iklan di buat untuk kepentingan produsen, namun seolah-olah dibalik bahwa iklan itu dibuat untuk kepentingan konsumen.    

Iklan sebaiknya dirancang untuk mencapai sasaran spesifik dari perusahaan, walaupun tujuan akhir dari program periklanan adalah untuk mendorong terjadi keputusan pembelian oleh konsumen. Sasaran periklanan  bisa  ditentukan berdasarkan klarifikasi apakah tujuan periklanan bermaksud menginformasikan, membujuk atau mengingatkan saja.   

  • Iklan informatif.  Ini berarti perusahaan harus merancang iklan sedemikian rupa agar hal-hal penting mengenai produk bisa disampaikan dalam pesan iklan. Iklan yang menonjolkan aspek manfaat produk biasanya dikategorikan sebagai iklan yang bersifat informatif.
  • Iklan membujuk. Periklanan ini biasanya membujuk konsumen dan berperan penting bagi perusahaan dengan tingkat persaingan tinggi. Dimana Perusahaan mencoba menyakinkan konsumen bahwa merek yang ditawarkan adalah pilihan yang tepat. Iklan yang membujuk  biasanya dituangkan dalam pesan-pesan iklan perbandingan. Perusahaan berusaha membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis.
  • Iklan mengingatkan. Biasanya iklan mengingat digunakan untuk mengingatkan produk-produk yang sudah mapan. Banyak produk-produk yang dulu mapan dan menguasai pasar kini hilang karena tidak adanya iklan yang bersifat mengingatkan.

 KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PERIKLANAN


• kekuatan lingkungan selalu berubah
• perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
• tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
* reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
* proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-langkah utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif

IKLAN TERHADAP PENGARUH EKONOMI



1. Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.

• Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
• Memberi keuntungan kepada agen iklan.
• Membuka lapangan kerja.
• Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
• Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
• Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
• Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.

2. Dampak (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi .

• pesan yang ditimbulkan.
• Meningkatkan pemasaran produk.


  • Penjualan Online


Penjualan Online adalah segala kegiatan (bisnis/urusan/kepentingan) yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan (keuntungan/profit). Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik.

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Kekurangan dan kelebihan penjualan online.

Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah   kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.

Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.

Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.


Kelebihan Jual beli Online diantaranya adalah dibawah ini :

- Stok barang secukupnya/seadanya yang dijual.
- Penjualan tak terbatas mendunia.
- Bisnis bisa diawali dengan modal kecil.
- Produk dapat dilihat Full time 24 jam kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun.
- Hemat waktu karena trsansaksi bisa dalam rumah.
- Bisa menjual dengan lebih murah karena tidak ada biaya tambahan (gaji, sewa toko)
- Fasilitas sederhana tapi melengkapi.
- Tidak perlu gaji karyawan dan sewa toko atau hemat biaya.
- Efisien.


Kekurangan Jual beli online adalah beberapa seperti dibawah ini :

- Pembeli hanya bisa lihat produk lewat gambar/video.
- Kadang  pembeli merasa kecewa karena barang tidak seperti yang diinginkan (warna/kualitas berbeda)
- Bahaya penipuan pada pembeli karena barang sudah dibeli tapi tak sampai tujuan.
- Kondisi barang yg rusak sampai tujuan karena kesalahan pihak kurir.
- Membutuhkan waktu untuk mengirim.


Tips untuk menjalankan penjualan online :

1.       Berikan informasi mendetail tentang produk yang anda jual sedetail mungkin
2.   Tampilkan beberapa Foto Produk dari berbagai sudut yang dapat anda ambil & lakukan secara professional
3.       Deskripsi produk harus yang menyentuh perasaan konsumen untuk ingin memiliki produk tersebut
4.       Biarkan konsumen anda saling menjual satu sama lain. Inilah kekuatan memiliki Website anda sendiri
5.       Lakukan Cross Selling, maksudnya tawarkan produk yg berkatian dengan produk yg di beli konsumen anda
6.       Lakukan Promosi Diskon hanya hari ini untuk produk tertentu dgn waktu & Jumlah Terbatas


Sumber







Tidak ada komentar:

Posting Komentar