Jumat, 13 Maret 2015

Sistem Keamanan Komputer


Assalamu’alaikum..


Halloo.. Sobat Blogger semua,kita berjumpa lagi deh hehe....

Dan pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Sistem Keamanan Komputer, sebelum memulai pemahasan, kita akan mengenal apa itu Sistem,keamanan dan komputer, berikut ulasanya...


Sistem?

Apa itu Sistem? Sistem adalah sekumpulan elemen atau unsur yang saling berkaitan dan memiliki tujuan yang sama. Sedangkan,

Keamanan?

Adalah suatu kondisi yang terbebas dari resiko. Dan,

Komputer?

Adalah, suatu perangkat yang terdiri dari software dan hardware serta dikendalikan oleh brainware (manusia). 

Jadi,  Sistem keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja,fungsi atau proses komputer. sistem keamanan komputer juga berguna untuk menjaga komputer dari para hacker (penjahat dunia maya). Tetapi layaknya seperti gembok kunci dalam rumah yang menjaga rumah dari parah maling untuk masuk. Tetapi sebaik apapun sistem keamanan rumah anda pasti ada cara untuk masuk kedalam rumah anda. Dan mengapa dibutuhkannya sistem keamanan komputer karena meningkatnya perkembangan teknologi dalam jaringan.

Data?

Data adalah fakta-fakta mentah yang harus dikelola untuk menghasilkan suatu informasi yang memiliki arti bagi suatu organisasi atau perusahaan. Ada 2 pengelompokan data, yaitu :
C/:
Data Internal
Data Eksternal

Penyebab Sering Terjadinya Kejahatan Komputer


       Meningkatnya pengguna komputer dan internet
       Software yang digunakan untuk melakukan audit sebuah system
       Banyaknya software-software untuk melakukan penyusupan
       Meningkatnya kemampuan pengguna komputer dan internet
       Desentralisasi server sehingga lebih banyak system yang harus ditangani
       Kurangnya hukum yang mengatur kejahatan komputer
       Semakin banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke Internet.
       Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet.
       Banyaknya software yang mempunyai kelemahan (bugs).

Klasifikasi Kejahatan Komputer sendiri dapat di klasifikasikan menjadi 2, yaitu dari yang bersifat Annoying(Mengganggu) hingga  Dangerous (Berbahaya). Biasanya yang bersifat annoying hanya akan membuat suatu hal yang tidak membahayakan dan bersifat sementara atau tidak permanen, dan terkadang hanya dianggap sebagai kejahilan belaka. Berbeda dengan yang bersifat Dangerous, pada tingkat ini, sudah berada pada tingkat membahayakan, karena dapat merugikan orang lain, selain kejahatan ini dapat merugikan, mereka juga dapat merusak, dan hal ini dapat menjurus pada tindak keriminal atau biasa kita sebut, Cyber Crimes.


Macam-macam Jenis Keamanan


Menurut David Icove [John D. Howard, “An Analysis Of Security Incidents On The Internet 1989 - 1995,” PhD thesis, Engineering and Public Policy, Carnegie Mellon University, 1997.] berdasarkan lubang keamanan, keamanan dapat diklasifikasikan menjadi empat, yaitu:
  1. Keamanan yang bersifat fisik
  2. Keamanan yang berhubungan dengan orang (personel)
  3. Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi (communications).
  4. Keamanan dalam operasi


Karakteristik Penyusup


       The Curious (Si Ingin Tahu) Biasanya karakter ini hanya bersifat ingin tahu, karakter ini tidak memberi dampak terlalu buruk pada suatu pihak. Contohnya: meretas Password, dsb.
       The Malicious (Si Perusak) Karakter ini sangatlah membahayakan, karena karakter ini sudah berada pada tahap merusak, entah itu sistem internal komputer maupun sebagainya, sehingga merugikan banyak pihak. Dan hal ini juga masuk kedalam tahap Cyber Crimes tingkat tinggi.
      The High-Profile Intruder (Si Profil Tinggi) Biasanya Penyusup pada level ini, menggunakan system kita untuk mencapai popularitas dia sendiri, semakin tinggi system keamanan yang kita buat, semakin membuat dia penasaran. Jika dia berhasil masuk kesistem kita maka merupakan sarana bagi dia untuk mempromosikan diri.
      The Competition (Si Pesaing) Biasanya pada taraf ini, Penyusup ini lebih tertarik pada data yang ada dalam system yang kita miliki, karena dia menganggap kita memiliki sesuatu yang dapat mengguntungkan dia secara finansial atau malah merugikan dia (penyusup).



                Istilah Bagi Penyusup   


       Mundane : Tahu mengenai hacking tapi tidak mengetahui metode dan prosesnya.

       Lamer (script kiddies) : Mencoba script2 yang pernah di buat oleh aktivis hacking, tapi tidak paham bagaimana cara membuatnya.

       The High-Profile Intruder (Si Profil Tinggi) : Tipe penyusup ini berusaha menggunakan sistem anda untuk memperoleh popularitas dan ketenaran. Dia mungkin menggunakan sistem profil tinggi anda untuk mengiklankan kemampuannya.

       The Competition (Si Pesaing) : Tipe penyusup ini tertarik pada data yang anda miliki dalam sistem anda. Ia mungkin seseorang yang beranggapan bahwa anda memiliki sesuatu yang dapat menguntungkannya secara keuangan atau sebaliknya.

       Wannabe : Paham sedikit tentang metode hacking.

   Larva (newbie) : Hacker pemula, teknik hacking mulai dikuasai dengan baik, sering bereksperimen.

         Hacker : Aktivitas hacking sebagai profesi.

         Wizard : Hacker yang membuat komunitas pembelajaran di antara mereka.


       Guru: Master of the master hacker, lebih mengarah ke penciptaan tools- tools yang powerfull yang salah satunya dapat menunjang aktivitas hacking, namun lebih jadi tools pemrograman system yang umum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar